Konsep dasar dan perangkat jaringan komputer


pembahasan hari ini adalah konsep dasar jaringan bagi pemula.
bagi kalian yang baru masuk dunia IT atau anak-anak smp yang baru masuk smk jurusan Teknik komputer dan jaringan atau yang kadang dikenal dengan teknik informatika.

sobat-sobat perlu memahami konsep dasar dari jaringan berikut :





Apa itu jaringan komputer ?
jaringan komputer adalah kondisi dimana perangkat-perangkat komputer saling terhubung sehingga membentuk sebuah jaringan menggunakan protokol jaringan.

Apa itu protokol jaringan ?
Adalah aturan atau standar yang mengatur terjadinya koneksi, hubungan, komunikasi dan perpindahan data antara dua titik atau lebih perangkat komputer.

Sebelum membangun sebuah jaringan pada dasarnya sobat harus merancang topologinya terlebih dahulu.

Apa itu Topologi ?
Topologi adalah sebuah peta atau rancangan jaringan yang menggambarkan koneksi dari titik mana ke titik mana dalam sebuah jaringan komputer. contohnya seperti dibawah

Topologi jaringan mikrotik sebagai gateway
Pada topologi di atas kita memiliki alat-alat seperti Modem ISP, router dan juga client tentunya. dan semuanya terhubung dalam satu jaringan. misalkan saja modem isp yang bisa nge ping client atau sebaliknya karena mereka saling terhubung. 

dan berikut akan saya berikan contoh perangkat yang umum dalam jaringan 

1. Personal Computer

Hal pertama yang harus ada tentunya adalah perangkat komputer. bisa sebagai client, server ataupun perangkat untuk melakukan konfigurasi.

2. Kabel LAN

sebelum ada teknologi wifi. kabel LAN selalu digunakan untuk menghubungkan semua perangkat. hingga saat ini pun masih. karena kabel memiliki kecepatan perpindahan data yang jauh lebih cepat dibanding dengan wireless.

3. Switch/hub

Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menambah jumlah port yang bisa digunakan. dalam hal sehari-hari seperti halnya terminal kabel listrik. namun, switch/hub digunakan dalam jaringan dan dihubungkan dengan kabel LAN

4. Access point

Access point adalah perangkat yang digunakan untuk membuat sebuah titik akses tanpa kabel atau yang lebih kita kenal sebagai Wi-fi (Wireless Fidelity). dibanding switch, Access point dapat menghubungkan lebih banyak client dan lebih memudahkan dalam akses jaringan.
merek-merek terkenal dari AP biasanya adalah TP-Link, Cisco linksys, D-link dan sebagainya

5. Router

Router adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat dihubungkan ke jaringan komputer yang lain dengan protokol jaringan berbeda. Pengartian tersebut adalah arti utama istilah gerbang jaringan.
Merek-merek terkenal dari router biasanya adalah mikrotik dan cisco yang umum digunakan.

6. Antena dan Radio

Adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dari jarak jauh melalui udara. berbeda dengan access point yang membuat jaringn wireless secara sektoral. antena dan radio pada umumnya membuat jaringan dari titik ke titik atau disebut p2p (Point to point). 
sebenarnya fungsinya kurang lebih sama dengan kabel. namun perangkat ini bisa menghubungkan melalui udara sehingga bisa menjangkau jarak yang jauh. bahkan ada yang bisa mencapai 300 km :D woww...


setelah memahami perangkat-perangkatnya. sobat wajib mempelajari lagi tentang ip address yang akan saya post di artikel berikutnya :D

sekian dan terimakasih

Salam Experience ^_^

1 komentar:

  1. oh jadi kalo kita mau ngerakit komputer harus pakai antena ya gan.

    BalasHapus