10 Alasan mengapa Linux lebih baik dari windows

Bismilllah

Hari ini saya share kembali seputar linux.
beberapa bulan setelah menggunakan linux. akhirnya saya jatuh cinta dengan linux terlebih lagi sebagai seorang IT.
beberapa alasan saya menggunakan linux dapat dibaca pada postingan berikut


Beberapa tahun belakangan yang saya ketahui, terjadi kemajuan besar dalam ranah Software Open Source. diantaranya perkembangan Linux.

Sampai Hari ini saya betah minggunakan Linux mint. dan dalam pengalaman sehari-hari dan pekerjaan cukup mendukung semua aktifitas.

beberapa alasan saya lebih betah di Linux akan saya ulas di bawah

1. Open Source (Gratis)

Salah satu alasan utama saya pindah ke linux adalah Gratis tanpa biaya. dan hal ini juga berdasarkan postingan saya yang sebelumnya tentang menghargai Hak Cipta. dan hidup tanpa software bajakan.
Untuk OS yang lumayan lengkap. Linux bisa terbilang sangat powerful dalam tingkatan ranah Open Source system. bahkan kalau saya katakan bisa mengalahkan pesaingnya yang bersifat komersial atau berbayar.

2. Memenuhi kebutuhan sehari-hari, Pelajar dan kantoran

Kata siapa gak bisa kerja atau mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan linux. Dalam hal ini Linux telah memenuhi syarat. Diantaranya banyak alternatif gratis yang disediakan untuk mendukung pekerjaan seperti Office, Editor foto, Video dan design vector dll.
terlebih lagi sekarang banyak system produksi perusahaan sebagian besar hanya menggunakan web server yang sifatnya bisa diakses di semua OS selama ada web browser.

3.  Maksimal untuk programer 

Bagi para programer. Linux adalah OS pilihan terbaik. Dimana banyak fitur dan layanan yang telah tersedia di dalamnya seperti Bind9, Apache, Phyton dll.

4.  Tampilan yang Indah

Dalam segi kustomisasi. Maka bisa dibilang Linux jauh lebih baik dibanding Windows. dalam hal ini user bisa merubah tampilan dengan banyak ragam yang telah disediakan. Berbagai Desktop Environment pun telah disediakan dalam linux diantaranya Cinnaom, Gnome, KDE dan lain-lain.

Bahkan untuk kustomisasi menu dan icon juga jauh lebih mudah dan praktis di Linux. Bahkan beberapa diantaranya memiliki tampilan yang mirip dengan Mac Os ataupun Windows.

5. Memiliki Software Repository

Semacam App store yang tersedia pada OS lain seperti halnya Windows store, Play store, Apple store dan lain-lain. 

ini sangat memudahkan pengguna untuk install dan update aplikasi yang dibutuhkan di Linux.

6. Keamanan lebih baik

Dari segi keamanan tentu linux jauh lebih unggul dari OS lain. Hingga hari ini saya tidak menginstall apapun pada Linux mint saya. 
hal itu dikarenakan sedikitnya jumlah dan jenis virus yang dibuat untuk linux.
hal ini bukan berarti Linux benar-benar kebal. ingat ? no system is safe.
karena beberapa virus seperti adware, dan malware tetap ada di Internet.
Namun Overall tetap lebih baik dari segi keamanan jika dibanding dengan windows.

7. Bisa dipakai untuk Gaming

Bukan hanya windows yang bisa menjadi pilihan para gamer. setelah saya telusuri ternyata juga banyak para komunitas gamer linux.

terlebih lagi dengan masuknya steam pada Linux. dan dengan bantuan Lutris, playonlinux yang berbasiskan wine yang dapat digunakan untuk membuka software Windows pada linux. terakhir kali saya coba memainkan creative destruction berjalan mulus pada Linux Mint 19.2 (wine)
untuk lengkapnya silahkan kunjungi link berikut


8. Tidak perlu ribet dengan driver

Tidak seperti windows yang pada umumnya memerlukan driver terpisah. harus download atau install dari cd bawaan.
Linux hadir dengan driver yang telah ter include di dalamnya. 
bahkan termasuk driver printer. saya hanya perlu mencolokannya ke linux. jika belum ter include maka dia akan mendownload otomatis melalui update nya yang mudah.

9. Berbeda itu keren

Ketika teman-temanmu memakai OS yang umum. kamu bisa hadir dengan OS Linux yang berbeda dengan temanmu. dengan tampilan UI yang lebih keren dan dinamis tentunya.

10. Dukungan Komunitas

Sudah menjadi hal yang umum bahwasalnya kebanyakan open source system dibangun oleh komunitas beserta dukungannya yang masih aktif sampai sekarang.


3 komentar: