Apakah inkscape bisa menggantikan corel draw dan ilustrator ?

Selamat siang sobat blog...

Kita semua tentunya tidak asing dengan software design grafis berbasis vector bernama corel draw yang di buat oleh corel dan adobe illustrator yang dibuat oleh adobe.
2 Perusahaan besar ini tampaknya sudah merajai pasar untuk bidang tersebut. terlebih lagi dengan banyaknya pembajakan kedua software ini yang artinya sebagian besar designer di dunia membutuhkan kemampuan dan fitur-fiturnya.
Namun mahalnya lisensi dan beratnya penggunaan resource pc di 2 aplikasi tersebut membuat kendala di sebagian designer. khususnya mereka yang menghargai lisensi dan mencari penghasilan halal dari bidang ini. termasuk salah satunya adalah saya.

Kemudian saya menemukan Inkscape sebagai alternatif untuk memenuhi semua pekerjaan saya.
Inkscape User Interface
Pengalaman :
Sebelumnya saya adalah pengguna corel draw untuk urusan design grafis. Namun kemudian saya memutuskan berhenti memakainya karena alasan lisensi dan juga pemakaian resource yang berat di laptop saya.
Akhirnya saya menemukan inkscape. Awalnya saya tidak mempercayai ada software GRATIS semacam ini.
Setelah beberapa kali penyesuaian akhirnya saya bisa beradaptasi dengan software ini dan saya rasa sudah dalam posisi nyaman memakai Inkscape.
format file default dari inkscape adalah SVG. selain itu dia juga bisa membuka format lainnya yang berasal dari corel draw(*.cdr) ataupun ilustrator.
Jadi cukup memudahkan kita untuk move on.

User Interface :
Secara tampilan Inkscape kelihatan cukup familiar dengan corel draw. Mungkin karena sama-sama berbasis vector dan sama-sama mengutamakan kemudahan user untuk melakukan design grafis.
dan ditambah lagi kita bisa mengubah tema dengan dark mode ataupun mengganti tampilan iconnya karena Inkscape bersifat opensource.

Inkscape Interface 2
Resource Requirements :
Dari segi penggunaan resource pc. Inkscape menawarkan penggunaan spec yang lebih rendah dari saingannya. dari pengalaman pribadi saya bisa lebih maksimal dan smooth mendesign di Inkscape dengan laptop dualcore dan ram 4gb.
dan ukuran software nya pun terbilang cukup kecil yaitu sekitar 300 mb.

Apakah bisa menggantikan corel draw dan ilustrator ?
dan kesimpulannya apakah inkscape dapat menggantikan kedua software tersebut. Bagi saya pribadi adalah "IYA" karena mengingat fitur-fitur dasar dalam design berbasis vector kurang lebih sama. hanya saja software commercial seperti corel draw memiliki beberapa fitur lebih yang biasanya untuk memudahkan user untuk membuat bentuk-bentuk tertentu.
tapi semua kembali kepada skill masing-masing dalam design.
dan bagi saya pribadi Inkscape cukup worth it digunakan



0 komentar:

Posting Komentar