Apa saja fitur-fitur terbaru dari inkscape 1.0


Hari ini akan saya bahas kembali tentang apa saja fitur-fitur terbaru dari inkscape 1.0 yang baru rilis sekitar 1 atau 2 bulan lalu.

Inkscape adalah sebuah software design grafis berbasis vector seperti halnya corel draw ataupun adobe illustrator namun dia bersifat open source dan gratis.

sebuah fakta menarik bahwa inkscape sudah dikembangkan hingga 15 tahun dan baru saja masuk ke versi 1.0 secara resmi yang versi beta nya sendiri tergolong cukup lama di versi 1.0.

Apa saja fitur-fitur barunya ? silahkan cek dibawah

1. Dark Mode dan Customisasi Interface


    Dibalut dengan tampilan baru yang sangat millenial dan keren di masa ini. Inkscape menawarkan mode dark mode di dalam konfigurasinya.
sebelumnya pada versi 0.9x inkscape bisa dipasang versi dark mode nya menggunakan file2 tambahan yang pada dasarnya bersifat mod. namun kini ia telah terpasang secara default pada menu preference - interface pada inkscape terbaru ini.
Dan fitur lainnya dalah customisasi interface sperti theme, icons dan tampilan UI nya.

Apa saja fitur-fitur terbaru dari inkscape 1.0

2. Live path effects


Apa saja fitur-fitur terbaru dari inkscape 1.0
Atau bisa disingkat LPEs adalah sistem untuk menerapkan jenis-jenis efect pada path. kita bisa menerapkan sebuah path untuk dimodifikasi berdasarkan pola yang tersedia yang dimana kita dapat melakukan hide effect untuk melihat path sebelumnya.

3. Canvas yang lebih flexsibel


Pada versi yang baru ini canvas dibuat lebih flexibel dan sangat cocok untuk editing yang lebih bebas. seperti halnya "mirror and rotate the canvas", "xtray and split-view modes", "Powerpencil mode", "vectorize kube drawings dan offset, Powerclip and powermask LPEs.

4. PDF export, text dan perbaikan dokumen untuk design


Fitur lainnya adalah export pdf, dan pengaturan objek yang lebih flexibel dari fitur "Align and distribute" sehingga memudahkan dalam  pengaturan posisi suatu object yang lebih presisi.


Note 

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur baru yang disediakan oleh inkscape versi terbaru ini. Namun saya menuliskan beberapa fitur yang baru saja saya cek di versi 1.0.
untuk download inkscape 1.0 https://inkscape.org/release/inkscape-1.0/

Pengalaman pribadi

Ada banyak fitur baru yang saya sukai seperti halnya yang saya jelaskan diatas. Namun dalam beberapa kasus saya katakan inkscape versi 1.0 lebih berat dari versi sebelumnya tapi tetap usable untuk object yang tidak terlalu berat dan besar. ya semoga bisa aja lebih di optimalkan di update berikutnya.

Kesimpulan

Inkscape versi terbaru ini merupakan loncatan update besar dari yang sebelumnya dengan fitur-fitur baru untuk memudahkan design berbasis vector. Namun masih belum ramah dengan spec low end.


7 komentar:

  1. terimakasih infonya atas Apa saja fitur-fitur terbaru dari inkscape 1.0
    otw download

    BalasHapus
  2. thanks info nya FITUR-FITUR TERBARU DARI INKSCAPE 1.0

    BalasHapus
  3. Info mengenai inscape sangat berguna, saya akan mencoba aplikasi ini guna menunjang editing saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trmksh kunjungannya gan... kapan2 coba bergabung di group inkscape indonesia di facebook hehe

      Hapus