Cara bermain game di Linux 2019

Bismillah

Selamat Pagi my bro,
hari ini saya kembali menulis tentang seputar dunia IT dengan tema OS Linux.

Pada umumnya sebagian besar gamer hanya bermain game pada OS berbasis Windows. dan memang kebanyakan game PC Rilis di windows.
salah satu faktornya adalah Windows merupakan OS yang paling umum dan banyak digunakan di penjuru dunia khususnya di Indonesia.

Linux sendiri kadang terasa asing di negara +62 ini. dan terkesan sulit, ribet dan tidak familiar.
setelah melakukan beberapa riset.
saya memutuskan hijrah dari Windows ke Linux. Distro yang saya gunakan saat ini adalah Linux Mint 19 Cinnamon.

Industri game sendiri sudah berkembang hingga ke platform Linux. dan 2 diantaranya saya rangkum pada beberapa Dibawah

1. Steam
 Sekitar tahun 2013. Valve telah merilis steam untuk OS Linux. Telah banyak game yang terdapat pada steam sudah di port untuk Linux. dan beberapa diantaranya adalah Dota 2, Counter Strike Global Offensive, Stardew Valley dan masih banyak lagi.

2. Emulator Console

Beberapa Emulator game juga telah di port ke Linux dan salah satunya adalah WII, GBA, NDS dll
dan beberapa emulator lainnya sempat saya coba seperti Citra 3ds namun dengan bantuan wine pada linux.

3. Game Linux Original

Pada dasarnya sudah terdapat banyak game yang rilis di Linux diluar steam. namun kebanyakan dirasa kurang terkenal dan tidak begitu update.

O.A.D
salah satu yang paling terkenal adalah O.A.D yang merupakan game Real Time Strategy. Bahkan dari segi grafis ia Mengalahkan Age of Empires II yang terkenal pada masa nya.

Download O.A.D Official


4. Lutris


Beberapa Game dari windows juga bisa dibuka di Linux dengan bantuan Lutris ataupun Wine. dalam hal ini saya pernah mencoba Leage of Legends dan Citra 3ds Emulator.

Mungkin cukup itu dulu tulisan saya kali ini.
Berharapnya sih Industri gaming dapat terus berkembang pada Linux dan menghilangkan kesan "Alternative OS" pada linux dan menjadi OS yang diminati semua kalangan.

Terimakasih atas kunjungannya


0 komentar:

Posting Komentar