Editor video ringan, powerful dan gratis terbaik - review kdenlive 20.08

 Hari ini saya kembali menulis artikel tentang sebuah software editor video ringan, powerful dan gratis terbaik. Dan kali ini saya membahas kdenlive tepatnya di versi terbaru yakni 20.08 .https://kdenlive.org/en/download/


    baca juga : 8 Rekomendasi Aplikasi edit video terbaik tanpa watermark

        Sebenarnya saya sudah cukup lama mengenal editor video yang satu ini dari awal saya menggunakan linux bahkan. Cuman karena saat itu kdenlive termasuk sangat susah dipakai dan juga banyak bug.

        Berbagai keluhan dari banyak user yang saya lihat di internet kebanyakan mengeluhkan tentang bug dari kdenlive. namun, hebatnya komunitas yang mengembangkan kdenlive terus memperbaiki dan memperbarui fitur-fitur dari kdenlive. Hingga saat ini telah mencapai versi 20.08 yang datang dengan banyak pembaruan termasuk UI yang lebih dinamis dan fleksibel.

Sejarah kdenlive 

        Kdenlive merupakan singkatan dari KDE Non-Linear Video Editor. Kdenlive adalah sebuah software editing video free open source yang berbasis pada MLT framework, KDE dan Qt.

Project kdenlive dimulai oleh Jason wood pada tahun 2002 dan sekarang dikembangkan oleh sebuah developer kecil. Dengan rilisnya kdenlive 15.04.0 yang menjadi bagian resmi dari KDE Project.

Kdenlive sendiri tersedia di berbagai platform seperti dibawah ini

- Linux

- Windows

- macOS

- FreeBSD

 source : https://en.wikipedia.org/wiki/Kdenlive

User Interface kdenlive

        Pada bagian User Interface atau tampilan antarmuka nya terbilang cukup bagus untuk software gratis. Jika kalian melihat dari UI terbarunya makan akan terasa tidak asing seperti Wondershare filmora ataupun windows movie maker 2020. Atau mungkin seperti adobe premiere namun lebih sederhana.

Di kdenlive kita dapat dengan mudah melakukan kustomisasi UI sesuai keinginan kita. Dan kebetulan di versi 20.08 ini kdenlive memberikan fitur tab agar kita lebih mudah berpindah menu tools seperti effect ataupun audio.

dan secara default kita telah diberikan UI tab seperti :

  • Logging, untuk mengatur resource dan media awal editing

  • Editing, untuk tampilan fokus kepada editing, secuence dan lainnya

  • effects, untuk tampilan yang lebih fokus kepada pemberian effect, transisi dan lainnya

  • Audio, untuk tampilan yang lebih fokus kepada https://en.wikipedia.org/wiki/Kdenliveediting video

  • Color, untuk tampilan yang lebih fokus kepada coloring atau grading.

dari beberapa tab diatas mengingatkan saya seperti Davinci Resolve namun di dalam versi yang lebih simpel dan ringan.

 

Apakah kdenlive cocok untuk pemula ?

        Pada dasarnya kdenlive dibuat untuk kebutuhan professional editing. Dimana akan ada banyak tools yang sedikit sulit dipahami untuk orang yang baru mengenal editing video. Namun, Jika dibandingkan dengan beberapa editor video free open source lain seperti lightworks ataupun blender. Maka kdenlive akan terasa lebih mudah dipelajari. Terlebih lagi ada banyak effect telah ter include di satu paket kdenlive.

 Apa saja fitur kdenlive ?

Berikut akan saya sebutkan beberapa fitur umum di kdenlive berdasarkan dari situs officialnya

  • Mendukung banyak format video dan audio
  • Interface yang dapat di kustomisasi
  • Titler untuk membuat judul ataupun teks 
  • Banyak effect dan transisi tersedia secara default
  • Audio dan video scope (audio meter, histogram, wavefohttps://en.wikipedia.org/wiki/Kdenliverm, vectorscope, RGB parade)
  • Proxy editing, Untuk editing playback yang lebih ringan
  • Automatic backup
  • Resource pack tersedia secara online melalui kdenlive add-on installer
  • timeline preview
  • keyframeable effect
  • themable interface
  • dll

 

Kesimpulan dan Review saya tentang kdenlive

Saya baru saja kembali menggunakan kdenlive sekitar beberapa hari. Karena penasaran tentang perkembangannya. Dan akhirnya saya temukan update yang sangat menarik di versi 20.08. Yang membuatnya lebih simpel dan mudah digunakan bagi editor dengan skill menengah seperti saya yang tidak begitu pro ataupun pemula.

Sebelumnya yang membuat saya tertarik juga ada di versi 20.04 dimana kdenlive dapat dengan mudah mengganti kualitas resolusi dari playback dari 1:1 ke 720p, 480p, 360p, 240p dengan sangat mudah tanpa harus mengonvert semuanya menjadi proxy clip seperti yang pernah saya lakukan di davinci resolve dan blender yang menurut saya lebih ribet aja caranya. Hal ini tentu sangat vital dalam editing video terutama di spec pc yang pas pasan untuk memutar playback.

    baca juga  : Preview Olive Video editor gratis terbaru 2019

Dan saya katakan bahwa kdenlive terbaru ini sangat worth it digunakan. Terimakasih kepada komunitas developer dan tim KDE untuk pengembangan kdenlive ini. semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik dan dapat menyaingi commercial software seperti adobe premiere, wondershare filmora ataupun sony vegas pro.

Untuk mengunduh kdenlive bisa lewat link officialnya dibawah ini

https://kdenlive.org/en/download/

 

terimakasih 

 

 

 

 

10 komentar:

  1. update baru kdenlive cukup worth it kyknya...
    lebih mudah bikin transisi di versi ini,
    ane udh coba gan thanks referensinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. dlu ane juga brmasalah saat bikin transisi gan

      Hapus
  2. menarik nih, jdi pengen install kdenlive lgi
    dlu makai bug nya banyak banget, sering force close juga

    BalasHapus
  3. makasih infonya untuk video editor ringan dan gratis. sangat bermamfaat bagi saya yang mulai belajar sebagai editor

    BalasHapus
  4. menarik bgt untuk kdenlive baru ini... ditunggu konten2 terbarunya gan, lagi semangat untuk belajar lebih tentang software alternatif open source juga

    BalasHapus
  5. Mantep gan, ane emang lagi cari video editor yang enteng. Pake filmora di laptop kentang berat bet wkwk

    BalasHapus
  6. Mantep gan, ane emang lagi cari video editor yang enteng. Pake filmora di laptop kentang berat bet wkwk

    BalasHapus