Apakah libre office dapat menggantikan microsoft office ?

        Hari ini saya menulis artikel tentang libreoffice dan apakah libreoffice dapat menggantikan microsoft office setelah update terbaru di versi 7.0 ini. Sebelumnya Saya akan perkenalkan dulu tentang detail software ini. 

Baik kelebihan dan juga kekurangan berdasarkan pengalaman pribadi.

Apa itu LibreOffice ?

        Libre office adalah sebuah paket software office Open source gratis yang terdiri dari pengolah kata (writer), Pengolah angka spreadsheet (calc), Database (Base), Gambar (draw), Persentasi (Impress) dan matematika (math). Libre office sendiri dibuat dengan tujuan memenuhi fungsi pembuatan dokumen kantor dan pekerjaan lainnya.

        Libre office memiliki lisensi ganda LGPL v3 (atau latest) / MPL 2.0 untuk kontributor baru agar memungkinkan lisensi tersebut untuk ditingkatkan. Bagian yang paling luar biasanya adalah sofware ini dapat digunakan secara gratis dan termasuk yang paling ramah soal system requirements. 

Setidaknya hingga saat ini libreoffice tersedia untuk Windows, MacOS dan Linux.

Sejarah Singkat Libre office

        Libre office adalah pengembangan dari project open office sebelumnya yang dimana saya ketauhi telah diakuisisi oleh pihak oracle. Dikembangkan oleh The Document Foundation (RDF). Nama libre office merupakan gabungan dari kata libre yang berasal dari bahasa spanyol dan prancis yang berarti bebas dan juga kata office yang berarti kantor dalam bahasa inggris.

        Libre office merupakan turunan dari OpenOffice.org pada tahun 2010, dimana merupakan sebuah versi open source dari staroffice yang merupakan pendahulunya. Data ini saya kutip dari wikipedia.

 Paket yang tersedia dalam libre office

1. Writer

    Adalah software pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen ataupun kegiatan surat menyurat. Jika komparasi dengan office lain maka kalian akan menemukan Writer akan serupa dengan microsoft word ataupun wps writer.

Writer memiliki ekstensi default dengan format ODF. Namun juga dapat membaca ekstensi dari office lainnya seperti  doc ataupun docx. 

Secara komptabilitas dengan format umum seperti doc saya rasa Writer cukup baik dalam membaca file-file tersebut.

Screenshot :

 

 

2. Calc

    Adalah software pengolah angka yang digunakan untuk membuat spreadsheet ataupun kegiatan kalkulasi. Jika dikomparasi maka Libre calc memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Excel dan juga WPS Spreadsheet.

Calc memiliki ekstensi default dengan format ODS (ODF Spreadsheet). Namun juga dapat membaca ekstensi dari office lainnya seperti xls ataupun xlsx.

Secara komptabilitas masih cukup baik dengan format xls ataupun xlsx yang notabennya berasal dari microsoft office.

Screenshot :



3. Impress

    Adalah software pengolah persentasi yang digunakan untuk membuat slideshow persentasi. Jika dikomparasi maka Libre Impress memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Powerpoint dan juga WPS Presentation.

 Impress memiliki ekstensi default dengan format ODP (ODF Presentation). Namun juga dapat membaca ekstensi dari office lainnya seperti ppt dan pptx

Secara komptabilitas saya cukup terkejut dengan Impress karena dapat membuka file ppt dari Microsoft power point tanpa merusak tema nya. Namun  akan ada sedikit permasalah di sistem animasi dan transisi dimana Libre Impress tidak memiliki jenis transisi yang sama persis dengan power point yang kelihatannya lebih canggih dan smooth.

 

4. Libre Base

    Adalah software pengolah database yang digunakan untuk pengelolaan database. Dalam hal ini fungsinya sama seperti Microsoft Access.

Untuk libre base tidak banyak yang saya ketahui karena saya sendiri tidak menggunakannya. Untuk menjalankannya bahkan harus didukung dengan Java Runtime Environment. Namun, Dari pengalaman teman saya yg seorang programmer Libre Base cukup baik dalam fungsinya sebagai alternatif Microsoft Access.

Screenshot :

 

5. Libre Math

    Adalah sofware pengolah formula yang digunakan untuk mengetikkan rumus atau formula matematika secara detail. Dan libre math dapat digunakan ke dalam dokumen teks, spreadsheet, persentasi maupun image. Math memungkinkan anda untuk memasukan rumus matematika dan ilmiah yang di format secara detail. Dan rumus yang digunakan dapat mencakup bernagai macam elemen mulai dari pecahan, suku dengan eksponen, indeks, integral, fungsi matematika, sistem persamaan dan pertidaksamaan hingga matriks

Sejauh yang saya ketahui ini adalah software yang tidak memiliki komparasi di microsoft office (mohon koreksi jika saya salah). Dan memiliki ekstensi default ODF.

Screenshot :


6. Libre Draw

    Adalah software pengolah gambar sederhana yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi data gambar digital 2 dimensi. Baik dari bentuk vektor standar seperti garis, persegi, lingkaran hingga bangun geometri lainnya. Draw sangat cocok digunakan untuk pembuatan flowchart ataupun sebuah struktur dengan turunan yang dihubungkan dengan garis seperti struktur jabatan.

    Sekilas fungsi draw seperti gabungan antara Microsoft Visio, paint dan beberapa bagian kecil dari software design vector seperti corel, illustrator ataupun inkscape dan photoshop. draw dapat bekerja dengan format gambar yang umum seperti BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF dan WMF.

Draw memiliki Ekstensi default ODG (ODF Drawing). Namun Draw juga bisa membuka file dengan format gambar umum seperti yang saya contohkan sebelumnya. Dan hal yang mengejutkan dari Libre draw adalah dapat membuka file dengan Ekstensi CDR, AI, SVG dan PSD meskipun tidak terlalu akurat.

Dan salah satu hal mengejutkan lainnya adalah di dalam Libre Draw kita dapat mengedit file pdf dengan mudah dan gratis tentunya. Dimana fitur seperti ini tidak ada di MS Office dan WPS harus membayar fitur premium untuk Editing melebihi halaman tertentu.

 Screenshot :



Seberapa baik komptabilitas LibreOffice kepada Microsoft Office ?

    Baiklah sebelumnya sudah saya jelaskan diatas namun akan saya tunjukan ilustrasinya melalui gambar dibawah yang saya ambil dari LibreOffice dan Microsoft office versi Live web. Dan dalam hal ini saya mengambil file dari format DOCX, XLSX dan PPTX.

Dari hasil ilustrasi diatas saya tidak menemukan perbedaan signifikan dari layout dan lainnya. Yang artinya LibreOffice memiliki komptabilitas yang cukup baik khususnya di versi 7.0 ini.

Apa yang baru dari LibreOffice versi 7.0

Baru-baru ini libre office merilis versi terbarunya yaitu versi 7.0 yang resmi sekitar awal Agustus 2020. Dan berikut adalah apa saja hal yang baru ataupun ditingkatkan pada versi terbaru.

  • Peningkatan komptabilitas untuk file microsoft office
  • Format bawaan dari libre office OpenDocument Format (ODF) ditingkatkan ke versi 1.3
  • Icon  defaukt baru pada MacOS: Sukapura
  • Banyak objek baru dari menu shape seperti arrow, diagram, icon dan lainnya
  • Glow dan soft edge effect untuk objek
  • Menggunakan Skia Engine untuk performa yang lebih baik
  • Dan banyak fitur baru lainnya yang bisa kalian cek disini

 

Kelebihan LibreOffice

  • Lisensi opensource yang gratis digunakan oleh siapa saja
  • Memiliki komptabilitas yang cukup baik dengan office yang lebih umum
  • Memiliki paket office yang lengkap sesuai kebutuhan yang merupakan salah satu point plus jika dibanding office gratis lainnya seperti WPS, Softmaker FreeOffice dan OnlyOffice.
  • Interface yang sederhana dan dapat dirubah dengan rambilan ribbon tab untuk memudahkan user pindahan dari office lain
  • Ramah dengan spesifikasi komputer karena office ini cukup ringan

Kekurangan LibreOffice

  • User Interface atau Tampilan yang tergolong cukup sederhana jika dibanding office yang lainnya
  • Permasalahan transisi dari file ppt di Impress
  • Tutorial dan troubleshooting lebih sedikit di internet khususnya yang berbahasa indonesia sehingga terkadang menyulitkan user yang memiliki masalah pada rumus spreadsheet maupun penataan dokumen.
  • Terkadang terdapat beberapa bug. Hal ini sangat wajar karena bug juga terdapat di office berbayar. Dan perlu diingat bahwa libre dibuat oleh komunitas bukan perusahaan developer besar

 

Kesimpulan

    Sebelumnya saya lebih aktif menggunakan wps office. Namun akhir-akhir ini saat Libre office 7 rilis. Saya sangat tertarik untuk menggunakan libre office sebagai daily software. Ditambah lagi baru-baru ini saya menemukan libre draw yang cukup mudah digunakan untuk edit file pdf. Ditambah lagi ternyata cukup banyak komunitas libreoffice di indonesia yang saya temukan di sosial media. Sebagai alternatif Libre office termasuk yang terbaik di kalangan office gratis.

Untuk kalian yang ingin mengunduh dan menggunakan libre office silahkan cek melalui officialnya di bawah ini

https://www.libreoffice.org/ 

Saya juga telah membuat artikel ini dalam bahasa inggris di

FossWare

Terimakasih

 


9 komentar:

  1. Kalau untuk pemula bagusnya milih wps atau libre gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belum terbiasa dengan tampilan libre... bisa nyoba wps dlu gan... tampilannya lebih familiar sama MS Office

      Hapus
  2. Ane makai WPS gan.. tapi kayaknya libre 7.0 cukup menarik meski design UI nya masih agak jadul
    ngarepnya Libre bakal update UI nya jadi lebih modern

    BalasHapus
  3. kayaknya office online menarik juga.. tapi ane pernah lihat only office tampilannya mirip banget kayak ms office, review dong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lain waktu bakal bahas onlyoffice hehe

      Hapus
  4. satu hal yang kurang menarik dari libre office sih UI nya aja yg terkesan kayak MS office 2003 gitu, makanya banyak yg prefer wps

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar untuk user awam kebanyakan karena UI, apalagi pindahan dari MS office

      Hapus
  5. update yg cukup menarik, libre biasanya bermasalah di komptabilitas gan

    BalasHapus