Davinci Resolve alternatif gratis adobe premiere

Bismillah

Hari ini saya kembali dengan artikel tentang software alternatif gratis. yang pastinya sangat bagus, direkomendasikan dan pastinya berdasarkan pengalaman sendiri.

Adobe Premiere adalah software editing video terbaik dan yang paling terkenal saat ini. siapa coba yang gak kenal dengan developer software besar seperti adobe yang sangat terkenal dalam kancah software multimedia.

Beberapa sofware telah saya uji dan coba sendiri untuk menggantikan Adobe premiere yang pada dasarnya memerlukan spec tinggi dan harga yang mahal.

Sebuah Developer bernama BlackMagic membuat sebuah software editing video Professional yang luar biasa. yang saya pikir akan menyaingi adobe premiere.
bahkan ulasan dari beberapa youtuber mengatakan tentang "Alasan mereka berpindah dari adobe Premiere ke Davinci Resolve.

Saat ini Davinci Resolve sudah mencapai Versi 16 yang baru saja di update di tahun 2019 ini.

Apakah bisa menggantikan fitur dari Adobe Premiere ?
Untuk saat ini saya terbilang sangat terkesan dengan Davinci Resolve. Dari segi interface, fitur dan resource yang tersedia juga sangat familiar. Jadi bagi user baru pindahan dari premiere. tidak usah khawatir belajar dari 0.

 Kelebihan Davinci Resolve ?
  • GRATIS. Siapa yang sangka untuk sotfware sebagus ini dihadirkan dalam versi gratis dan fitur yang luar biasa. dan bahkan tanpa disertai Watermark.
  •  Pertama ia memiliki interface yang bagus bahkan sangat familiar dengan software lain yang lebih terkenal
  • Dikembangkan untuk kebutuhan Professional, dalam artian ia memiliki fitur yang cukup kompleks
  • Memiliki resource bawaan yang keren. seperti transisi, titles dll
  • Untuk versi premium lebih murah dibanding adobe premiere yakni 299$ untuk lisensi permanen. mengapa saya bilang begitu ? karena Davinci tidak terdiri dari 1 software editing saja. namun di dalamnya telah terdapat software lain yang dapat menggantikan "Adobe After Effect" dan "Adobe Audition" untuk special efek dan Audio.
  • Terdapat "Fusion". Yaitu software untuk membuat special effect seperti halnya Adobe After Effect dalam satu buah Davinci Resolve.
  • Terdapat "Fairlight". Yaitu software untuk editing audio seperti halnya Adobe Audition dan tentunya dalam satu software juga.
Kekurangan 
  •  Untuk spec pc yang kurang. maka akan mengalami force close kadang-kadang.
  • Pada versi linux. versi gratis tidak mendukung format video h264 dan audio AAC. Dan sebagai solusi maka harus di convert dengan Software "Handbrake".

Kesimpulan
Overall Davinci Resolve merupakan alternatif gratis terbaik saat ini. Baik dari fitur dan harga bisa menyaingi software terkenal lainnya seperti Adobe premier ataupun Vegas Pro. Namun tetap saja untuk versi gratis juga memiliki keterbatasan.
Namun saya tetap masih rekomendasikan untuk agan sekalian.
Lain waktu saya akan rekomendasikan pesaing2 lainnya.

Terimakasih


0 komentar:

Posting Komentar