10 Distro linux terbaik 2020


 
    Hari ini saya akan berbagi artikel tentang 10 Distro linux terbaik 2020 yang saya ambil patokan dari distrowatch.com  untuk rentang waktu 12 bulan terakhir,

    Dan semua yang saya tulis berdasarkan pendapat dan research yang saya lakukan. Berikut adalah daftar list nya


1. MX Linux

Adalah OS turunan dari Debian Stable. Merupakan hasil kerjasama antara antiX dan mantan komunitas MEPIS. menggunakan tools terbaik dan talent dari beberapa distro lainnya. MX dibuat untuk perangkat dengan performa menengah (mid-end) dengan desktop yang elegan dan simpel, performa yang cepat dan size yang kecil. secara default MX menggunakan desktop environment Xfce yang sangat ramah dengan spesifikasi. 


2. Manjaro

Adalah OS turunan dari Arch linux. Namun manjaro dibuat tidak serumit arch yang memerlukan skill untuk installasinya. Manjaro dibuat lebih sederhana dan sudah kompleks dalam 1 paket installer. Mendukung banyak Desktop Environment sperti KDE, Xfce, Cinnamon dan lain-lain.

3. Linux Mint

Adalah OS turunan dari ubuntu dan debian juga. Karena terdapat linux mint versi debian. Dibuat dengan Desktop Environment Cinnamon yang ringan dan stabil. Cinnamon juga memiliki tampilan yang sangat familiar seperti windows 7 ataupun 10. Jadi akan sangat memudahkan dalam  pengguna windows untuk beradaptasi.

4. Ubuntu

Adalah OS turunan dari Debian yang saat ini paling populer dan terkenal. Khususnya dikalangan pemula. Ubuntu memberikan paket yang cukup lengkap dalam installernya. Bahkan sekarang sudah lebih mudah untuk mengintegrasikan driver Nvidia di Ubuntu yang baru di versi 19 atau 20 keatas.
Ubuntu memiliki banyak varian berbeda tergantung dari Desktop Environmentnya. Secara default ubuntu memiliki DE Gnome. Dan lainnya ada seperti Kubuntu (KDE), Lubuntu (Lxte), Xubuntu (Xfce), Ubuntu Mate, Ubuntu DDE (Deepin) dan lainnnya.
untuk sekarang saya menggunakan Kubuntu.

5. Debian

Adalah OS yang paling banyak memiliki turunannya. Dinilai oleh banyak user sebagai OS paling secure sehingga banyak digunakan untuk keperluan server dan bahkan diajarkan di sekolah-sekolah  menengah atas kejuruan. Dan untuk penggunaan desktop harian juga lumayan baik. Hanya saja debian umumnya tidak memiliki paket lengkap seperti ubuntu. Dimana kita harus menginstall beberapa driver ataupun software yang belum ada di dalam paketnya. Dalam hal ini sebelumnya saya bermasalah di driver VGA Nvidia. 



6. Elementary OS

Adalah OS turunan ubuntu juga. Dengan Desktop Environment nya sendiri yaitu Pantheon yang memiliki tampilan simpel, indah dan dinamis. Mungkin akan mengingatkan kalian dengan tampilan Mac OS dengan bar icon dock dibawahnya.

7. Solus

Adalah OS yang di design untuk semua orang. Setidaknya itu yang ada di situs officialnya. Tidak seperi OS lain yang merupakan turunan, Solus merupakan Distro yang berdiri sendiri.  Dengan tampilan DE Budgie yang ringan dan indah tentunya menjadi nilai tambah untuk Solus. Selain itu Solus juga memiliki DE lain seperti Mate, Gnome, dan juga KDE Plasma.
Solus pada dasarnya mengombinasikan stabilitas yang jadi nilai jual utamanya dengan kemudahan dalam penggunaan.

8. Fedora

Adalah OS turunan dari Red hat. Yang kebanyakan dipakai untuk para expert. Namun Fedora dirancang menjadi lebih simpel dan dinamis. Untuk sebuah Distro Fedora terbilang memiliki siklus kehidupan yang cukup singkat. Misalnya seperti dari versi 1 dengan hanya selisih 6 bulan akan di luncurkan versi 1.2 dan seterusnya. Untuk turunan red hat fedora termasuk yang paling populer di distrowatch.

9. Zorin OS

Adalah OS turunan ubuntu juga. Zorin OS akan sangat mudah dijalankan bagi yang baru saja pindah dari OS lain seperti windows ataupun Mac OS. Zorin OS juga datang dengan Wine Bawaan sehingga  akan mudah untuk menginstall aplikasi yang ada di windows.
Dengan tampilan yang sangat bagus. Zorin juga sangat mudah dalam kustomisasi tampilannya. Ntah itu seperti windows atau mac atau bahkan seperti ubuntu itu sendiri.

10. Pop OS

Adalah os turunan dari ubuntu yang dikembangkan oleh System76. Dari sekian banyak OS lain, Pop os merupakan yang paling ramah dengan VGA Nvidia karena telah termasuk dalam paket installernya (nvidia version). Jadi cukup baik digunakan untuk keperluan gaming. Pop OS dibekali dengan tampilan bawaan DE Gnome yang bersih tanpa dock apapun. namun kita bisa menambahkannya dengan Gnome tweaks seperti dash to dock dan lainnya.

KESIMPULAN


Dari 10 diatas saya ambil dari situs distrowatch, Namun tidak semuanya telah saya coba sendiri, tapi sebagian besar saya telah coba. dan sisanya saya ambil referensi dari forum dan situs official tentang penjelasannya.
Hingga saat ini saya paling betah menggunakan 2 Distro OS, yaitu Manjaro dan juga Ubuntu.

Terimakasih



7 komentar:

  1. Ane pengguna manjaro juga gan... memang pantas untuk masuk 10 distro linux terbaik
    apalagi udah lebih ramah sama nvidia

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Pop OS kyknya lumayan buat gaming... smoga game di linux lebih banyak di rilis...

    BalasHapus
  4. Bagus artikelnya dan juga template nya nggak kalah keren dahhh, recommended

    Salam juga dari blog kami pak rama Niche blog terbaik di indonesia

    BalasHapus