Pengalaman saya bekerja dengan software gratis


Hari ini saya kembali dengan artikel tentang software gratis.
Beberapa waktu lalu saya banyak menuliskan  artikel tentang software-software gratis yang kebanyakan adalah open source.

dan pada artikel hari ini saya akan menuliskan tentang pengalaman saya pribadi dalam menggunakan software-software gratis dalam dunia kerja saya.

saya berprofesi sebagai seorang IT di sebuah perusahaan pertambangan di kalimantan. 
Namun saya mempunyai beberapa pekerjaan dimana saya menggunakan software-software gratis

Untuk OS yang saya gunakan saat ini adalah Linux Manjaro.

1. Pekerjaan di bidang IT

dalam bidang IT linux tentu adalah os yang sangat bermanfaat dalam penggunaannya. Dalam hal ini saya menggunakan beberapa software diantaranya
  • Linux Terminal = sering saya gunakan untuk meremote hardware/os berbasis CLI (Command Line Interface) seperti routeros, linux server dll. dengan koneksi via telnet ataupun ssh jadi lebih mudah menggunakan terminal linux. bahkan bisa digunakan dalam troubleshooting dalam jaringan komputer menggnakan suatu perintah disebut nmap.
  • Remmina = bisa digunakan seperti halnya Linux terminal namun lebih simpel dan mudah dikarenakan ia berbasis GUI (Graphic User Interface) dan dia juga mempunyai sebuah plugin untuk fungsi remote desktop connection yang ada pada microsoft windows.
  • Browser Mozilla firefox / chrome = hal ini udah menjadi umum dalam pekerjaan apapun termasuk diantaranya remote hardware/os yang berbasis web. ataupun hanya berselancar di dunia internet.
  • Text editor (Visual Studio Code/Atom/sublime text). biasa saya gunakan untuk beberapa keperluan yang bersifat programming seperti html css dan lainnya.
Penggunaan Terminal Linux untuk Remote Mikrotik

2. Pekerjaan di bidang administrasi kantoran (office)

Umumnya karyawan di indonesia menggunakan ms office sebagai software utama dalam membuat pendataan dan administrasi berbasis dokumen, spreadsheet dan slide show.
dalam hal ini saya telah mencoba beberapa software diantaranya adalah
- libre office
- free office
- wps office
namun dalam hal ini saya lebih memilih wps office sebagai software utama dalam pekerjaan di bidang ini. walaupun sebenarnya wps office itu lebih ke software freemium dan bukan open source
Dan review nya sudah saya tulis di artikel berikut

Software alternatif WPS Office (preview) -

WPS Spreadsheet


3. Pekerjaan di bidang design grafis

Software yang paling umum di bidang ini adalah Adobe Photoshop untuk editor foto, corel draw untuk design vector.
dalam hal ini saya telah memilih 2 software utama yang saya rasa cukup untuk menggantikan fungsinya di bidang design grafis.
dan ingat "skill lebih diutamakan dari kemampuan software" dan software bersifat mendukung dan mempermudah.
2 software tersebut adalah

  • GNU Image Manipulator (GIMP) = merupakan alternatif gratis dengan fitur-fitur yang sangat mirip dengan photoshop. meskipun dia bersifat open source tapi software ini saya rasa cukup powerfull untuk melakukan editing gambar dengan lebih bebas. dan juga didukung dengan sistem layer yang membuatnya lebih fleksibel untuk editing. dan hal lainnya adalah juga dapat membuka file dengan extensi "*.psd" dari photoshop. 
  • Inkscape = merupakan alternatif gratis dengan fitur-fitur yang sangat powerfull bagi saya untuk melakukan pekerjaan di bidang design vector seperti design logo, spanduk, undangan dll. dan sudah sekitar setahun saya menggunakan software ini untuk keperluan design vector. saya merasa ini cukup bagus dan termasuk terbaik bagi saya di antara software open source lainnya.
Tampilan Interface GIMP
Tampilan Interface Inkscape
Berkaitan dalam hal diatas saya membuat wallpaper manjaro dengan inkscape dan menyempurnakan beberapa sudut di GIMP. mungkin lain waktu akan saya tulis artikel tentang basic tutorial tentang GIMP dan Inkscape.


4. Pekerjaan lainnya

Selain beberapa bidang diatas saya juga menggunakan beberapa software untuk pekerjaan lainnya seperti :
  • Kdenlive dan Openshot = Kdenlive saya gunakan untuk editing video yang mendetail dan openshot untuk yang lebih simpel
  • Blender = untuk design 3d
  • Keperluan print = dalam hal ini biasanya printer akan terinstall secara otomatis ke linux yang saya gunakan tanpa repot-repot melakukan instalasi driver.


4 komentar:

  1. dah lma jg rsnya sy ga bw ksini ya gan... penglmn nya lumyn menrik jg gan... maksh dah share penglmnnya gan.
    bw balik ya gan ke kelasmat.com

    BalasHapus
  2. Pengalaman saya bekerja dengan software gratis belum terlalu banyak nih.. makasih referensinya gan

    BalasHapus
  3. WPS mntab gan... sayang gk seterkenal MS Office

    BalasHapus