Alasan sebagian besar masyarakat suka menggunakan software bajakan ?


Selamat pagi,
Hari ini saya akan berbagi opini dan pendapat seputar Mengapa atau alasan sebagian masyarakat suka menggunakan software bajakan. khususnya di negara +62 kita tercinta ini.

Pertama akan saya jelaskan mengenai lisensi software dulu

1. Opensource dan Freeware License

Adalah lisensi gratis dari sebuah software yang dimana software ini kebanyakan didukung oleh komunitas open source seperti halnya Inkscape, GIMP, libre office, chromium dan lainnya.
Mereka benar-benar memberikan sebuah software gratis untuk digunakan oleh user.
Dan sebagian lain adalah software official gratis namun close source seperti WPS Office yang saat ini saya gunakan sebagai daily driver untuk pekerjaan utama saya dan browser2 seperti chrome, mozilla dll.

Mengapa ada orang-orang yang menyediakan software gratis ?
beberapa alasan saya temukan yakni
- Dukungan komunitas yang tergolong cukup besar, dan sebagian hanya mengandalkan donasi untuk apresiasi
- Trik marketing tidak selalu dari penjualan software utama, tapi bisa dari iklan ataupun fitur-fitur tambahan yang berbayar.

2. Commercial License

Adalah lisensi berbayar dari sebuah software buatan developer professional. contoh dalam hal ini adalah produk dari Adobe, Corel, Microsoft yang umumnya berbayar.
sebagian besar memiliki fitur sekali beli seperti halnya Microsoft Windows dan Microsoft Office.
dan sebagian lainnya memiliki fitur berlangganan seperti Adobe Photosop dan Corel draw.



Kemudian kita bakal lanjut ke pembahasan utama kita sesuai judul artikel ini.
Berikut adalah alasan-alasan yang saya rangkup secara subjektif dari pandangan saya pribadi.

  • Kurangnya pengetahuan user tentang Lisensi
Tidak banyak user yang mengetahui yang mana software itu ORI atau BAJAKAN lisensinya. kebanyakan user yang saya temui hanya mengetahui cara pakai suatu software tanpa memperdulikan lisensi ini legal atau tidak.
  • Ketergantungan pada software Commercial License
Jadi ketika user sudah terbiasa pada sebuah interface, shortcut dan fitur-fitur yang disediakan oleh software commercial. user akan selalu bergantung pada fitur-fitur tsb sehingga akan menjadi sulit untuk beradaptasi ke software baru yang berlisensi gratis.
dan berikut akan saya beri contoh berdasarkan lingkungan saya.
- Microsoft Windows dan Office
- Adobe Photoshop
- Adobe Premiere pro
- Corel Draw
- Autocad
- Internet Download Manager
- dll
Software-software diatas telah sukses mendominasi pasarnya masing-masing di daerah saya sehingga menjadi kebiasaan masyarakat untuk menggunakannya. 
Ya jujur saja karena software2 tersebut memiliki fitur commercial yang cukup complex dan mudah digunakan.
  • Masyarakat yang mengabaikan pembajakan
Sudah menjadi kebiasaan bahkan menjadi bisnis installasi software-software bajakan seperti windows dan office yang biasanya dibayar 50rb di tempat-tempat service. Umumnya mereka menggunakan aplikasi crack seperti kms pico untuk mengaktivasi software secara paksa. bahkan terkadang ada windows ori bawaan di laptop malah diinstall ulang lagi karena alasan lemot :v tanpa memperdulikan lisensi nya hilang (biasanya tukang service pemula yang biasa comot-comot software di situs pembajak).
  • Tidak terkenalnya software gratis
Software-software gratis umumnya kurang terkenal terutama di platform desktop. pernah saya bertanya apakah mereka mengenal inkscape dan GIMP. Dan jawabannya tidak ada yang tahu. hal ini disebabkan oleh poin nomor 2 diatas soal ketergantungan masyarakat kepada software commercial yang sudah menjadi kebiasaan turun temurun Tobat dan gak sanggup beli windows hijrahlah ke linux

KESIMPULAN
 
Untuk kesimpulan lebih lanjut bisa dilihat di Artikel saya yang lain dibawah ini :





Sekian dan terimakasih 
 
 
 
 
 
  

5 komentar:

  1. Alasan sebagian besar masyarakat suka menggunakan software bajakan ?
    setuju sih sma artikel ini... kebanyakan karena udh merasa nyaman aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya sebagian kecil aja yang sadar diri gan... ditempat ane malah berasa kyk sendirian :'v

      Hapus
  2. Saya salah satu pengguna yg bajakan bang, krn untuk mendapatkan yang asli saya bingung untuk membelinya. Termasuk apa yang dijelaskan tadi...kurangnya pengetahuan mengenai lisensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembelian bisa langsung melalui situs official Namun akan sangat ribet dimana biasanya mereka menggunakan dollar dan untuk ini bisa digunakan virtual account seperti paypal.
      tapi ada cara paling mudah yaitu agan bisa lewat jasa toko komputer biasanya mereka menjual hard copy software nya. bahkan di toko2 online juga ada namun harus berhati2 karena ada toko yang tidak menjual barang original melainkan software + crack

      Hapus
  3. Ya susah sih mengingatkan masyarakat tentang hal ini.. karena udah dimaklumi kayak ner normal. padahal menyalahi aturan
    semangat share nya gan (y)

    BalasHapus