Software alternatif adobe creative cloud terbaik

    
    
        Hari ini saya akan berbagi tentang software alternatif adobe creative cloud terbaik, baik itu dari photoshop, premiere dan lainnya.

Berikut akan saya bahas beberapa software alternatif yang dapat menjadi alternatif bahkan daily driver untuk pekerjaan dari software-software buatan Adobe Creative Studio. Namun, saya tidak akan membahas secara detail disini. Karena beberapa diantaranya sudah pernah saya bahas di artikel lain blog ini yang link nya akan saya sertakan di dalam list

  • Alternatif Adobe photoshop

 
Merupakan software open source yang telah dikembangkan untuk memenuhi pekerjaan editing gambar. GIMP memiliki sistem layer, selection tools dll layaknya photoshop. GIMP dapat digunakan untuk membuka format PSD. Namun, terkadang bermasalah di skala warna yang berubah. Jadi software yang satu ini patut dicoba. Dan sebelumnya telah saya bahas tentang patch photogimp yang akan memudahkan para pengguna photoshop untuk beradaptasi ke GIMP. dan semua pembahasan saya yang berhubungan tentang gimp ada di link dibawah 
 
 =>  Tentang GIMP
 
 
Merupakan software open source yang dikembangkan untuk keperluan editing dan drawing. sebenarnya krita lebih ditonjolkan kepada drawing daripada editing, namun masih bisa digunakan untuk melakukan editing layaknya photoshop. Dengan interface yang familiar dan enak dipandang. Krita juga memiliki system layer di dalamnya. Bahkan Krita dapat membuka file dengan format PSD lebih akurat daripada GIMP berdasarkan pengalaman saya pribadi. Krita tersedia di berbagai platform seperti linux, Windows, Mac OS hingga android (Tablet).

  • Alternatif Adobe Illustrator

 
Merupakan software open source yang dikembangkan untuk keperluan design grafis berbasis vector layaknya Adobe Illustrator. Saya telah menggunakannya sejak setahun terakhir dan cukup nyaman dipakai untuk saya yang sebelumnya telah menggunakan corel draw. Jadi untuk inkscape sangatlah worth it terlebih lagi dia dibuat dengan lisensi yang GRATIS dan tersedia di platform linux, windows dan mac os.
 
Dan semua pembahasan saya tentang inkscape ada di link dibawah.
 

  • Alternatif Adobe Premiere Pro

 
Merupakan software yang dikembangkan oleh sebuah developer terkenal dari produk digital yakni Black magic. Resolve dibuat untuk keperluan editing video professional dengan interface yang sangat baik dan hampir terlihat seperti premiere PRO. Davinci resolve memiliki 2 versi yaitu, versi gratis dan versi studio yang berbayar. Resolve tersedia untuk platform windows, Linux dan mac os juga.
 
Untuk kekurangan dan kelebihannya telah saya bahas di artikel lain di bawah.
 
 
Hampir mirip seperti resolve. Hitfilm express dibuat untuk keperluan editing professional juga dengan interface yang tidak kalah bagus. Hitfilm exSebelumnya juga telah saya bahas di link dibawah
 
Sejatinya blender adalah software open source untuk keperluan design 3D. Namun ternyata dia juga memiliki fitur editing video yang lumayan bagus. Karena tidak hanya saya, ada banyak content creator diluar sana yang merekomendasikan Blender sebagai editor video. Bahkan di claim lebih ringan daripada Resolve ataupun Hitflilm. Blender tersedia di berbagai platform seperti windows, linux dan mac os
 

  • Alternatif Adobe After Effect

Merupakan sebuah fitur dari Davinci Resolve untuk keperluan membuat effect layaknya Adobe After effect. Fusion langsung ter include dalam satu paket Davinci Resolve dan bisa dipakai secara gratis, bagaimana ? cukup terdengan keren bukan. 
 
Merupakan software open source Compositing untuk keperluan VFX dan motion Graphics layaknya After Effect.

  • Alternatif Adobe Dreamweaver

Merupakan software text editor buatan Microsoft. Sebuah hal yang luar biasa ketika Microsoft mengeluarkan Visual Studio Code secara gratis yang membuat banyak user pindah kepadanya. VS Code tersedia secara cross platform di windows, linux dan mac os. tentu hal ini sangat membantu dalam dunia programming. Sebenarnya dia mendukung banyak bahasa pemrograman termasuk HTML yang biasa dikerjakan di Adobe DreamWeaver.
 
Bluegriffon mungkin terdengar sedikit asing bagi kita. Dan saya juga menemukannya baru-baru ini. dan ternyata diluar expetasi saya software ini memiliki segudang fitur termasuk realtime editing HTML seperti Adobe dreamweaver dimana kita tidak perlu bolak balik ke browser hanya untuk mengecek perubahan setelah coding. Bluegriffon juga telah mendukung HTML 5 . Untuk info lebih lanjut dan link download bisa kalian cek Disini

  • Alternatif Adobe Audition

 
Merupakan software untuk keperluan editing video. Ada banyak fitur didalamnya yang sangat berguna. Terlebih lagi software ini jauh lebih ringan daripada audacity.
Merupakan Fitur bawaan dari Davinci Resolve untuk keperluan editing Audio.

  • Alternatif Adobe Lightroom

 
Merupakan software editing gambar layaknya lightroom. Dimana di dalam darktable akan lebih mudah mengatur pewarnaan, Exposure, Brightnes & Contrast, shadow, curves, rotating, color balance dan lainnya. Secara interface Darktable memiliki kemiripan dengan lightroom. Darktable juga relah mendukung RAW Editing dengan kemampuan yang cukup lengkap.


KESIMPULAN

Hampir semua software diatas telah memenuhi syarat akan kebutuhan dan tujuan yang sama. Sisanya tinggal kemampuan dari user untuk berimprovisasi dan mendapatkan hasil karya yang bagus. Dan seperti yang biasa saya tulis "Yang menentukan adalah skill dan software hanyalah pendukung".
Dan dibawah ini adalah contoh hasil kreasi saya menggunakan GIMP dan dipoles lagi dengan Darktable


 

7 komentar:

  1. semoga artikel bermanfaat untuk pembaca, saling berbagi ilmu dan bertukar informasi
    salam dari https://pak-rama.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. mkasih untuk artikel software alternatif adobe creative cloud gan

    BalasHapus
  3. Sangat menyukai adobe...beberaoa minggu mni sy menggali skil adobe...makasih sharingnya kawan ku mengenai alternatif adobe adobe creative cloud gan

    BalasHapus
  4. berat sih adaptasi lagi tapi memang harus kalau mau go open source/freeware
    makasih list nya gan

    BalasHapus