8 Rekomendasi Aplikasi edit video terbaik tanpa watermark


        Hari ini saya kembali menulis artikel tentang Aplikasi edit video terbaik pc gratis tanpa watermark.
Bisa dikatakan artikel ini bisa disebut sebagai alternatif terbaik untuk adobe premiere pro yang adalah software premium atau commercial buatan sebuah developer yang terekenal yakni Adobe creative studio.

Maka dari itu saya telah mencoba beberapa aplikasi edit video lainnya seperti Davinci Resolve, Lightworks, Kdenlive, Openshot, shotcut, Hitfilm express dan lainnya.

Maka akan saya buat rekomendasinya berdasarkan pengalaman saya menggunakannya. Dan akan saya klasifikasikan menjadi 3 bagian berdasarkan kebutuhan.


1. Kebutuhan Professional dan Berat

Untuk kebutuhan professional diperlukan sebuah aplikasi yang kompleks seperti halnya premiere pro ataupun vegas pro Untuk keperluan editing yang sangat mendetail dan memerlukan banyak clip. Berikut adalah rekomendasi nya

  • Davinci Resolve

Dari semua list Davinci resolve adalah favorit saya. Bagaimana tidak, Resolve memiliki interface yang familiar dengan premiere dan mudah digunakan. user yang pindah kepadanya akan sangat mudah beradaptasi. Dengan banyaknya fitur dan plugin bawaan membuat Davinci resolve menjadi terbaik bagi saya. Hanya saja kekurangannya adalah memerlukan spec yang cukup tinggi menggunakannya. Pengalaman pribadi saya menggunakannya di laptop ram 8gb terkadang terjadi force close dan menjadi normal lagi saat saya upgrade ke 16 gb. dan kekurangan lainnya adalah bermasalah pada format file h264 untuk versi linux. Namun overall untuk versi windows sangat worth it digunakan. Dan hal positif lainnya adalah dia terpasang 1 paket langsung dengan Fusion yang menjadi alternatif Adobe after effect dan Fairlight yang menjadi alternatif Adobe Audition. 
 

  • Hitfilm Express

Datang dengan banyak fitur dan interface yang gak kalah keren dari Davinci. Hitfilm Express juga tampak familiar dengan premiere. Saya sebenarnya tidak begitu mendalami software ini. Namun cukup worth it untuk direkomendasikan karena spec requirements yang lebih ramah dari Resolve. sayangnya Hitfilm tidak tersedia di platform linux.
 

  • Lightworks 

Software ini telah digunakan oleh banyak professional untuk melakukan editing video. begitu banyak film sinema seperti The Wolf of Wall Street, LA Confidential, Pulp Fiction, Heat, Road to Perdition, Hugo, The King’s Speech dan masih banyak lagi. Namun untuk interface dirasa kurang familiar bagi kalian yang hijrah dari adobe premiere atau 2 software diatas.

 2. Kebutuhan simpel dan ringan

Untuk kebutuhan ringan itu seperti kebutuhan untuk membuat video slideshow, potong dan menggabungkan video-video dan lain-lain dimana tidak memerlukan teknik editing video yang benar-benar advance. berikut adalah list nya

  • Openshot

Adalah editor ringan dan simpel untuk kebutuhan yang simpel juga Namun dengan fitur yang cukup worth it. Fitur-fiturnya seperti tersedia di cross platform (windows, mac, linux), trim and slice, animation and keyframes, unlimited tracks, video effects bawaan, Audio Waveforms, Title editor, 3D Animations, Slow Motion and Time Effects dan User Interface yang simpel.
 

  • Windows movie maker

Adalah editor ringan dan simpel bawaan windows. Biasa digunakan untuk memotong, menambahkan teks, gambar dan lain-lain. Terbilang adalah editor paling simpel di windows.
 

  • Kdenlive

Adalah editor buatan dari KDE Project yang merupakan pengembang desktop environment KDE. Terbilang simpel juga namun bisa dibilang advance juga tergantung dari pemakaiannya. Tapi bisa saya katakan lebih ringan dari editor professional lainnya. dengan fitur bawaan proxy editing yang membuat playback lebih ringan. Ditambah lagi dengan fitur baru yang bisa menurunkan kualitas playback

3. Kebutuhan portable di Mobile smartphone

Biasa digunakan untuk content creator yang tidak memiliki pc atau laptop. Atau hanya sebagai editing portable simpel yang tentunya bisa dibawa kemana-mana. Berikut adalah listnya.

  • Inshot

Adalah editor video yang simpel dan gratis. Dikemas dengan potrait mode dan fitur-fitur bawaan untuk trim, split dan menggabungkan video dengan mudah. Namun untuk menghilangkan watermarknya kita perlu menonton video iklan sekitar 15-30 detik. 

  • FilmoraGo 

Adalah editor video yang simpel dan gratis namun lebih komplex dari inshot. Dikemas dengan landscape mode dan fitur-fitur paket bawaan seperti editor umumnya. Namun Filmorago memiliki effect2 bawaan transisi yang bagus. Jika kalian mengetahui Wondershare filmora yang ada di pc, Mungkin kalian harus coba versi mobile nya.

KESIMPULAN

Dari banyak video editor diatas disarankan memilih sesuai kebutuhan, Kemampuan dan spesifikasi perangkat tentunya. Saya pribadi menggunakan Davinci untuk editing dan Inshot di handphone saya.

Terimakasih
 

1 komentar: