Cara install photogimp di Windows dan linux


                                                            

        Hari ini saya akan berbagi sebuah artikel tentang cara install photogimp di windows dan juga linux tentunya.

        Sebelumnya saya telah membuat sebuah artikel PHOTOGIMP MEMBUAT GIMP TERASA SEPERTI PHOTOSHOP GRATISAN ? Saya rasa ini adalah sebuah artikel yang menarik untuk dibahas lagi. Dan karena saya pikir post tentang ini cukup ramai maka akan saya buat sebuah list konten untuk tutorial GIMP kedepannya.

                                             

    Dan untuk artikel kedua dari ini maka saya akan buat sebuah tutorial tentang cara install photogimp di platform windows dan juga linux.


Cara install Photogimp di windows


  1. Pertama pastikan di pc windows kalian sudah terinstall GIMP versi 2.10 keatas standar. Jika belum maka bisa install dari situs official gimp https://www.gimp.org/downloads/
  2. Backup file master GIMP terlebih dahulu di C:\Users\computer name\AppData\Roaming\GIMP. copy file 2.10 ke directory lain terlebih dahulu untuk menghindari jika terjadi error
  3. Download file patch photogimp di situs https://github.com/Diolinux/PhotoGIMP
  4. dalam file patch copy folder "2.10" dalam folder "PhotoGIMP-master\.var\app\org.gimp.GIMP\config\GIMP"
  5. Paste dan replace folder 2.10 di C:\Users\computer name\AppData\Roaming\GIMP.
  6. Buka kembali GIMP nya dan selesai
Note ( jika anda tidak menemukan folder "C:\Users\computer name\AppData\Roaming\GIMP" maka bisa lewat cara
    • tekan Windows + R
    • ketik "%appdata%" tanpa tanda kutip lalu enter
    • Kemudian anda tinggal cari folder GIMP
Cara install photogimp di Windows dan linux

Sebenarnya cara diatas juga berlaku untuk MAC OS namun agan harus pastekan file nya di directory
(~/Library/Application Support/GIMP/2.10/). Namun tidak saya buat secara detail karena saya sendiri tidak menggunakan MAC OS

Cara Install Photogimp di Linux

Disini saya menggunakan Linux kubuntu 20.04 LTS yang sudah support installasi snap secara default.
Dan sebelumnya patch ini hanya tersedia di Flatpak. Namun, setelah itu muncul di snapstore dan membuat cara install nya menjadi lebih mudah. berikut adalah caranya.
  • Pastikan sudah menginstall GIMP 2.10 keatas versi Flatpak
  • Buka software repository dalam hal ini saya menggunakan Discover karena menggunakan KDE
  • search dengan keyword "photogimp"
  • install patch tersebut
  • selesai

Kesimpulan

Pada patch ini sudah saya jelaskan sebelumnya di post PHOTOGIMP MEMBUAT GIMP TERASA SEPERTI PHOTOSHOP GRATISAN ?  tentang apa saja yang berubah dan ditambahkan ke GIMP dan untuk tutorial bisa tetap menggunakan Photogimp ataupun GIMP biasa sekalipun. 
Patch ini ditujukan agar pengguna baru pindahan dari Photoshop bisa beradaptasi dengan tampilan dan shortcut keyboardnya.

Terimakasih


3 komentar:

  1. thanks infonya.... photogimp bermanfaat bgt bagi ane yang baru pindah dari psd ke GIMP

    BalasHapus
  2. Terimakasih banget bang, akhirnya dpt jg caranya instal photogimp di linus

    BalasHapus