5 Software Gratis yang wajib ada di pc kalian part 2

        Hari ini saya kembali menulis tentang 5 software gratis yang wajib ada di pc kalian part 2. setelah sebelumnya saya juga menulis artikel yang sejenis dibawah ini.

BACA JUGA : 5 Software Gratis yang wajib ada di PC kalian part 1 

        Di tahun 2020 ini semakin banyak software gratis dan open source yang berkembang cukup signifikan. Beberapa industri dan perusahaan juga telah menggunakannya untuk software harian. Bahkan beberapa diantaranya juga telah bersaing dan tak kalah populer dari software berbayar.

Berikut adalah list nya.

 

1.Visual Studio Code

     Visual Studio Code Adalah sebuah software text editor yang umumnya digunakan untuk para programer. VSCode dikembangkan oleh salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar yaitu microsoft. Visual Studio Code sempat menjadi text editor di ranking terpopuler di Stack Overflow pada tahun 2019 menurut survey para developer. Dan kabar baiknya VSCode datang dengan lisensi free open source dengan segudang fitur di dalamnya untuk memaksimalkan kinerja para programmer. Beberapa fitur diantaranya seperti dukungan untuk debugging, syntax highlighting, intelligent code completion, snippets, code refactoring dan embbeded gift. 

User juga dapat dengan bebas mengubah tema UI, shortcut keyboard dan menginstall ekstensi-ekstensi untuk mendukung kinerja programming. 

Screenshot :

 

Platform : Windows, Linux dan macOS


 

2. Krita

      Krita adalah sebuah software editor gambar yang multifungsi diantaranya seperti edit gambar, design vector, menggambar, melukis dan membuat animasi. Pada dasarnya Krita dapat dibilang seperti alternatif dari Adobe Photoshop ataupun seperti Affinity designer. 

Krita memiliki sistem layer layaknya photoshop dan juga memiliki vector layer layaknya illustrator. Sebenarnya krita lebih ditujukan untuk menggambar ataupun melukis. Namun, Dalam pengalaman saya pribadi krita juga memiliki kemampuan yang cukup baik dalam hal manipulasi gambar.

Dari segi interface terbilang akan familiar dengan illustrator atau photoshop. Begitu sederhana namun tetap enak dilihat. Sungguh sangat mencengangkan ketika melihat software sekomplex ini tersedia dengan lisensi free open source.

Screenshot :

Platform : Windows, Linux dan macOS

 BACA JUGA : Software alternatif adobe creative cloud terbaik

 

3. Bitwarden 

        Bitwarder adalah sebuah software password manager untuk mengelola segala jenis akses yang kita miliki. Pada dasarnya password dari akun yang kita simpan di dalam bitwarden akan dienkripsi ke dalam vault berdasarkan akun yang telah kita buat

Salah satu kelebihan bitwarden selain lisensi nya yang free open source adalah multiplatform yakni dia tersedia di perangkat mobile, desktop hingga browser.

Screenshot :

 

Platform : Windows, Linux, Mac OS, Android, IOS dan Ekstensi browser (chrome, firefox, opera, edge, safari, vivaldi, brave dan tor browser)

 

4. Lightshot dan Flameshot

        Lightshot dan flameshot merupakan 2 aplikasi yang berbeda. Namun memiliki fungsi yang sama yakni untuk screenshot desktop yang kita gunakan. Perbedaannya adalah keduanya tersedia diplatform yang berbeda.

Lighshot : Windows dan Mac

Flameshot : Linux


5. Virtual Box

        Virtual Box adalah sebuah software untuk membuat virtual machine. Singkatnya adalah kita dapat menginstall sebuah sistem operasi ke dalam Virtual box.

Virtual Box banyak digunakan untuk keperluan simulasi jaringan, Percobaan OS khususnnya pengguna linux dan untuk keperluan server virtualisasi.

Saya sendiri menggunakan Virtual box semenjak saya masih di SMK untuk mempelajari linux server tanpa mengganggu perangkat asli saya. Dan saya juga menggunakkannya untuk mempelajari konfigurasi dari router mikrotik dengan menginstall routeros ke dalam virtual box.

Sebenarnya Virtual box juga merupakan alternatif dari VMware yang setahu saya dulu nya adalah software berbayar, Namun kini ia juga menyediakan VMware player secara gratis. Namun, dalam hal ini Virtual box masih bisa bersaing dengan VMware.

Screenshot :

 

Platform : Windows, Linux, macOS dan Solaris


Dan cukup sampai disini pembahasan saya tentang 5 Software gratis yang wajib ada di pc kaian part 2 ini. Mungkin jika artikel ini cukup populer maka akan saya buat artikel part 3 nya.

dan BACA JUGA :



0 komentar:

Posting Komentar