5 Aplikasi office gratis terbaik untuk windows dan linux

Hari ini saya akan berbagi artikel tentang 5 Aplikasi office gratis terbaik untuk windows dan linux. Mungkin beberapa diantaranya juga tersedia di Mac OS.

Namun, Karena saya bukan user mac os jadi lebih saya condongkan kepada 2 os yang saya gunakan dan lebih familiar di lingkungan saya.

Aplikasi office merupakan kebutuhan primer dalam sebuah industri maupun pendidikan. kebanyakan user menggunakan Microsoft office sebagai pilihan utama dan dengan alasan lebih familiar untuk digunakan. Hal ini wajar karena kebanyakan user cenderung menggunakan apa yang mayoritas gunakan. Dalam hal ini adalah Microsoft Office. Namun, tahu gak sih bahwa kebanyakan user MS Office di sekitar kita kebanyakan adalah pengguna bajakan atau yang sering disebut sebagai crack software.

Untuk lebih jelasnya ada di Artikel berikut :


Nah untuk itu saya membuat list tentang Aplikasi office yang gratis untuk kalian gunakan. Dan beberapa diantaranya akan sangat familiar dengan MS Office. Berikut listnya



Merupakan sebuah paket office open source yang merupakan pengembangan dari proyek OpenOffice.org yang sejak tahun 2010 telah diakuisisi oleh Oracle.
Libre office memiliki komunitas pengembang dan pengguna yang cukup besar saat ini. dan hingga saat ini Libre office telah mencapai versi 6.4.5 dan sebentar lagi akan di kembangkan lebih besar ke versi 7.
Dari segi komptabilitas, libre office memiliki komptabilitas yang cukup baik ternyata untuk file doc, xls, ppt dan lainnya.
Dalam satu paketnya libre office memiliki software yang cukup lengkap untuk menjadi alternatif MS Office
  • Libre Writer - Word
  • Libre Calc - Excel
  • Libre Impress - Powerpoint
  • Libre Base - Access
  • Libre Math
  • Libre Draw
Dan salah satu hal yang sangat saya sukai adalah fitur libre office draw yang bisa digunakan untuk edit file pdf dengan mudah

Screenshot
Aplikasi office gratis terbaik untuk windows dan linux



Merupakan sebuah paket office gratis yang terdiri dari 3 paket utama Yaitu Writer, Presentation dan spreadsheet.
WPS dikembangkan oleh sebuah developer perangkat lunak asal tiongkok china yang berbasis di Zhuhai yaitu Kingsoft. Jika kalian pengguna office di smarphone mungkin pernah mendengar istilah Kingsoft office.
WPS Office awalnya saya temukan di playstore untuk perangkat mobile yang saya kenal dengan kingsoft office dan kemudian berkembang menjadi WPS Office. di perangkat mobile WPS termasuk yang paling populer, terhitung saat artikel ini dibuat WPS office telah mencapai 100 Juta lebih download di google playstore.

Selain itu untuk versi desktop WPS telah mendukung platform Windows, Linux Dan juga Mac OS. Untuk versi desktopnya saya rasa sangat familiar dan mudah digunakan sebagai pengganti MS Office versi gratis. Dari peletakan tools dan menu yang mirip hingga sub menu di dalamnya juga sangat mirip. WPS cukup berhasil menyajikan software alternatif gratis terbaik dari segi fitur dan interface. Setidaknya bagi saya.
WPS merupakan software gratis dan juga berbayar untuk fitur lebih dan menghilangkan iklannya.
WPS cukup kompatibel dengan file doc, xls dan ppt.
Review lengkap saya tentang WPS Office ada di link berikut :
  • WPS Writer - Word
  • WPS Spreadsheet - Excel
  • WPS Presentation - Powerpoint
Screenshot
Aplikasi office gratis terbaik untuk windows dan linux


Merupakan sebuah paket office open source yang juga terdiri dari 3 bagian utama yaitu Document, Spreadsheet dan Presentation.
Dari situs officialnya OnlyOffice di claim 100% sangat kompatibel dengan format MS Office. Jika dilihat dari tampilan user interface. Kalian bakal sangat terkejut karena OnlyOffice memiliki tampilan yang sangat mirip dengan MS Office.
Sebenarnya saya mencoba OnlyOffice baru-baru ini karena beberapa situs dan channel youtube sangat merekomendasikan untuk menggunakannya.
OnlyOffice sebenarnya tidak sepenuhnya gratis karena dia terbagi menjadi beberapa versi sperti Enterprise Edition, Integration Edition, Developer Edition dan cloud service. Namun, Yang saya bahas adalah versi gratisnya yakni OnlyOffice Editor version. Onlyoffice tersedia di platform desktop Windows, Linux Dan MAC OS

Screenshot
Aplikasi office gratis terbaik untuk windows dan linux




Merupakan sebuah paket office yang memang dirancang untuk menjadi alternatif MS Office, Setidaknya itulah yang ditulis oleh developernya di situs official. Dan free office juga terdiri dari 3 bagian utama untuk Word processor, Spreadsheet dan program persentasi.
Free office di kembangkan oleh softmaker yang juga mengembangkan softmaker office versi berbayar yang di claim termasuk office terbaik untuk alternatif MS Office. Dan freeoffice adalah versi gratisnya yang patut dicoba juga.
Saya menggunakan freeoffice di perangkat linux saya yaitu Manjaro KDE yang datang 1 paket saat instalasinya. dan saya cukup terkesan dengan fitur dan tampilan interface nya yang cukup familiar.

Screenshot
Aplikasi office gratis terbaik untuk windows dan linux



Microsoft akhirnya telah merilis versi office yang dapat digunakan secara gratis. Namun office ini dibuat berbasis web dengan dibantu MS OneDrive. Mungkin jika dipikir ini mirip seperti google doc dengan google drive nya. Dari segi fitur memang lebih minim dari office enterprise yang berlisensi komersial. Namun, Karena ini gratis jadi cukup worth it untuk digunakan. ya hanya saja yang menjadi kekurangannya adalah hanya bisa digunakan dengan koneksi internet. Ya berharapnya Microsoft merilis versi office offline gratis walaupun fiturnya masih mirip seperti office online ini.

Screenshot
Aplikasi office gratis terbaik untuk windows dan linux



Kesimpulan
Dari beberapa office diatas saat ini saya menggunakan WPS Office untuk di windows dan freeoffice di linux.
Bagi kalian yang ingin memilih, bisa mencoba masing-masing software untuk mencari tahu software manakah yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Terimakasih


2 komentar:

  1. Ane pengguna wps sih.... cuman mau coba pake libre office juga... cukup tertarik sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. barusan update ke versi 7 gan libre office.. makin mantab

      Hapus