5 Software gratis yang wajib ada di pc kalian 2020 part 1

        Hari ini saya kembali berbagi artikel tentang 10 software gratis yang wajib ada di pc kalian di tahun 2020 ini.

        Sebagian besar perusahaan, umumnya menggunakan software commercial dalam proses input data dan lainnya. Dan termasuk juga di dalam ranah pendidikan. Tapi tahu gak sih sebenarnya ada banyak pilihan software gratis yang dapat mendukung kegiatan harian kita yang berprofesi sebagai karyawan, freelancer ataupun pelajar sekelas mahasiswa atau sekolah menengah sekalipun. Untuk lebih jelasnya sudah saya tulis di postingan berikut.


Dengan pengetahuan dan browsing lebih lanjut. Kalian dapat menemui banyak alternatif untuk software-software komersial yang umum digunakan. Namun saya tidak akan membahas secara spesifik tenang alternatif di postingan ini. Tetapi saya akan membuat list tentang beberapa software yang sangat menarik dan powerful meskipun dia memiliki lisensi gratis maupun open source.


Merupakan software pertama saya sejak saya memutuskan berhenti dalam urusan bajak membajak. Awalnya saya menggunakan corel draw untuk memenuhi kebutuhan design vector. Namun setelah itu saya menemukan Inkscape sebagai alternatif terbaik yang bisa saya temukan sejauh ini.
Dari segi fitur saya rasa inkscape cukup powerful dalam hal design vector. Dan fitur di dalamnya cukup mengejutkan saya mengingat ini adalah software yang gratis sepenuhnya.
Ya meskipun kekurangannya dalam beberapa hal harus dilakukan secara manual jika dibandingkan dengan AI ataupun corel.

Screenshot :



Merupakan sofware editing video gratis yang di kembangkan oleh Blackmagic. Nama blackmagic sendiri terbilang cukup terkenal di industri multi media. Dan sejauh ini Davinci resolve masih menjadi daily editor saya karena fiturnya yang cukup kaya untuk software gratis. Davinci Resolve juga memiliki versi berbayarnya atau bisa disebut upgrade yaitu Davinci Resolve Studio yang memiliki fitur lebih.
Dari interface kalian akan merasa familiar dengan Adobe Premiere. Dari segi fitur juga Resolve cukup mengesankan saya untuk sebuah editor video professional dengan lisensi gratisnya.
Kekurangan yang saya dapati adalah penggunaan spec yang cukup tinggi. Dan Permasalahan playback untuk video h264 di versi linux kecuali di upgrade ke versi studio. Namun untuk versi windows saya tidak menemukan kendala seperti demikian.
Baca juga post lainnya

Screenshot




Merupakan software yang digunakan untuk Design 3d, Vfx dan juga video editing di dalamnya. Blender merupakan software open source dengan fitur yang luar biasa. Bahkan juga telah didukung oleh Nvidia.
Banyak designer 3D sangat merekomendasikan untuk menggunakan blender Terlebih lagi blender telah memiliki video editor bawaan yang cukup powerful dan ringan.

Screenshot :




Merupakan sebuah software text editor yang lebih dikhususkan untuk bahasa program HTML. BlueGriffon setidaknya telah mendukung html5 dan css dengan cukup baik. Bahkan Blugriffon juga memberikan fitur splitview untuk editor web seperti halnya yang disajikan di dalam Adobe Dreamweaver.

Screenshot



Merupakan office yang dikembangkan dari proyek openoffice. Libre office memiliki banyak bagian dalam satu paket office seperti halnya MS Office. Didalamnya telah terdapat Word processor, Spreadsheet, Database, Draw, Presentation dan lainnya dalam satu paket instalasi.
Libre Office juga telah memiliki komunitas yang besar di seluruh dunia untuk membantu pengembangannya.
Salah satu fitur yang paling saya sukai adalah dari Libre draw yang bisa mengedit file pdf dengan mudah tanpa ribet.
Baca juga post lainnya

Screenshot :


Sebenarnya saya memiliki 10 software untuk dimasukan dalam artikel. Namun akan saya bagi menjadi 2 part postingan

Dan jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel saya yang lain

7 komentar:

  1. Bluegriffon kayaknya bagus buat ngegantiin dreamweaver
    baru-baru dengar juga

    BalasHapus
  2. Davinci resolve lumayan berat sih gan... mungkin smntara bisa nyoba olive video editor

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan gan... olive video editor ada di artikel tersendiri juga
      https://experienceware.blogspot.com/2019/08/preview-olive-video-editor-gratis.html

      Hapus
  3. baru tau klau libre draw bisa dipake untuk edit pdf, thanks infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru nemu juga akhir2 ini .. dan cukup mantab

      Hapus