Review 0 A.D game Real Time Strategy open source gratis

    Hari ini saya akan menulis review tentang 0 A.D game real time strategy open source gratis yang tentunya multi platform tersedia di Linux, MacOS, Windows, FreeBSD dan open BSD.

    Sebenarnya saya adalah seorang gamer walaupun agak jarang membahasnya di blog ini. Sebelumnya saya telah membahas tentang cara bermain game di linux di postingan beberapa waktu lalu.

Dan hari ini saya akan membahas sebuah game open source dengan genre real time strategy atau yang biasa disingkat RTS.

Apa itu game Real Time Strategy ?


Adalah sebuah game strategi yang berlangsung secara terus menerus (real time) dan merupakan kebalikan dari Turn Based Strategi dimana player melakukan strategi secara bergantian.

Jika kalian masih merasa awam dengan genre RTS. Setidaknya kalian pernah mengenal sebuah game dengan genre yang sama yaitu Stronghold crusader atau Age of Empires buatan microsoft yang di rilis pada tahun 1997 kemudian di susul dengan Age of Empires 2 pada tahun 1999.

Atau beberapa game terkenal dari Blizzard berjudul Warcraft ataupun frozen throne yang baru-baru ini mendapatkan pembaruan bernama warcraft 3 reforge.

Penjelasan singkat 0 A.D

    Dan yang saya bahas disini adalah Game berjudul "0 A.D" yang memiliki genre RTS juga. 0 A.D dikembangkan oleh developer bernama Wildfire Games. merupakan game RTS dengan basic sejarah perang dan ekonomi yang berfokus sekitar tahun 500 sebelum masehi di part pertama dan diantara tahun 1 sampai 500 masehi di part kedua nya.

    Game ini di rilis source code nya oleh wildfire games pada bulan july 2009 dibawah dukungan Lisensi GNU GPL 2 atau lebih tinggi.

    kelebihan dari game ini adalah lisensinya yang gratis dan juga open source. Bisa terbilang 0 A.D adalah game open source gratis pertama yang saya temukan memiliki grafis dan gameplay yang cukup seru dan memiliki grafik yang tidak kalah dari game RTS sekarang ini. Bisa kita bandingkan  grafiknya dengan AOE III ataupun AOE Definitive Edition yang grafiknya telah di perbarui.

Gameplay dan Feature

Secara gameplay kita dituntut dalam game ini untuk membangun sebuah desa menjadi sebuah base maupun kerajaan yang siap berperang untuk menaklukan musuh dengan strategi yang dapat kita susun sendiri.

Berbagai macam fitur juga disediakan dalam game ini. Diantaranya
  • Pembangunan desa dan Base
  • Research untuk memperkuat pasukan
  • Beragam jenis pasukan darat dan laut
  • Sistem setler dan troops yang bisa membangun
  • Berbagai jenis peradaban
  • Upgrade zaman ke zaman yang lebih modern
  • Banyak varian map
  • dan lain-lain yang akan kalian temukan di dalam game nya
    Saya sendiri menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan satu kali perang. Dimana ada kesenangan tersendiri dalam menyusun strategi penyerangan dan pertahanan sesuai dengan kondisi dari medan perang.
    Berbagai jenis troops dan angkatan laut juga dapat dibuat sesuai dengan strategi yang kita rancang untuk menghabisi musuh.
    Di dalam game ini kita dapat mengatur musuh, aliansi dan jenis map dalam mode custom nya. Fitur ini juga dihadirkan di beberapa game RTS terkenal seperti halnya AOE series, stronghold series ataupun Warcraft Series. Namun, Sayangnya mode campaight di dalam game ini masih belum tersedia. Ya mengingat ini adalah game gratis yang dikembangkan oleh komunitas mari kita tunggu saja update kedepannya.



    Sebenarnya game ini pada awalnya di release untuk linux dan hingga saat ini masih dalam jajaran tertinggi untuk game yang memang di rancang khusus untuk user linux. Karena saya pikir juga mungkin sebagian besar pengguna linux adalah orang-orang yang lebih advance jadi mungkin akan sangat cocok dengan game bergenre RTS ini.

Dan hingga saat ini di tahun 2020 di situs official game nya masih terus diupdate yang berarti game ini akan terus dikembangkan menjadi lebih baik

System Requirements

Berikut adalah spesifikasi pc yang kalian butuhkan untuk memainkan 0 A.D.

Windows


Mac OS


Linux



LINK

Untuk menginstall dan memainkan 0 A.D. kalian bisa klik link di bawah



Kesimpulan
Game ini cukup layak dan Adiktif dimainkan apalagi dengan lisensi nya yang gratis. Saya hanya berharap game ini terus diupdate menjadi lebih baik

terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar